Sabtu, 21 Oktober 2017

Inilah Proses Cara Budidaya Srikaya Yang Baik

tanaman srikaya
Di artikel kali ini kami akan jelaskan kepada anda semuanya. Buah Srikaya merupakan buah yang dapat tumbuh di daerah tropis seperti Indoensia. Karakteristik buah srikaya meliputi bentuk buah bulat, kulit srikaya berbwarna hijau, dan daging buah berwarna putih.

Tanaman srikaya tanaman yang miliki berbagai kandungan senyawa kimia yang dapat mengobati banyak penyakit sehingga dapat dibuat obat herbal. Dengan demikian, cara budiadaya srikaya dapat menjdi peluang emas bagi Anda tyang ingin berwirausaha mandiri. Anda dapat menyimak info detailnya pada paragraph selanjutnya.

Inilah Cara Budidaya Srikaya yang Mudah

Inilah cara budidaya srikaya yang mudah sehingga dapat dilakukan oleh pemula. Adapun panduan lengkap budidaya srikaya adalah sebagi berikut.

1. Pembibitan dan Penyemaian Bibit Srikaya
Pembibitan dilakukan pada biji srikaya yang masih bagus dan sehat tanpa cacat sedikit pun.Kemudian Anda semaikan biji yang telah dipilih pada bak plastic maupun temapt yang sudah disipkan.Biji srikaya dipindah ditanam pada lahan memerlukan waktu sekitar 6 bulan setelah penyemaian.

2. Proses Penanaman Bibit Srikaya
Proses penanaman bibit srikaya yang sudah siap dipindah dilahan tidak memerlukan waktu yang lama. Buatlah jarang antar tanaman srikaya sekitar 3 meter sampai 5  meter. Sebelum bibit ditanam njika julah daun sangat banyak sebaiknya dikurang untuk mengurangi pengurapan.Selain itu, Anda lakukan pemotongan pada akar utama terutama pada bagian ujung untuk mempercepat tumbuhknya kar lateral.

3. Pemupukan
Tanaman srikaya memerlukan unsru hanya terbanyak untuk memeprcepat pertumbuhan yaitu kalium. Selain itu, jaga tanaman srikaya agar tidak kekurangan zat hara seperti zink dna boron. Pemupukan menggunkan pupuk NPK yang memerlukan lebih banyak pupuk pada setiap pertumbuhannya. Beriku ini merupakan cara pemupukan sesuai dengan usia tanam bibi kedondong.
a. Usia tanamansrikaya sekitar 6 bulan menggunakan pupuk NPK sebanyak 227 gram untuk setiap tanaman.
b. Usia tanamansrikaya sekitar 7-12 bulan menggunakan pupuk NPK sebanyak 454  gram untuk setiap tanaman.
c. Usia tanaman srikaya sekitar dua tahun diberikan pupuk NPK sebanyak 1 kg untuk setiap tanaman.
d. Usia tanaman srikaya sekitar tiga tahun ke atas diberikan  pupuk NPK sebanyak 2 kg untuk setiap tanaman.

BACA JUGA :Mengapa Para Petani Sangat Membutuhkan Paranet Yang Berkualitas? 
Cara Menanam Lidah Buaya Di Dalam Polybag
[Wajib Coba] Inilah Cara Efektif Mengatasi Hama Wereng Padi
Manfaat Serta Cara Budidaya Buah Rambutan Yang Baik & Benar
Dengan Menggunakan GreenHouse, Tanaman Menjadi Lebih Sehat!!

4. Penyiraman
Tanaman merupakan tanaman tropis yang membutuhkan banyak air untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan.Anda dapat melakukan penyiraman srikaya secara rutin.Waktu yang tepat untuk penyiraman tanaman srikaya yaitu pagi maupun sore. Anda dapat memilih waktu penyiraman pagi atau sore sesuai keinginan. Apabila Anda memilih sore maka lakukan penyiraman selalu sore jangan selang seling pagi dan sore karena dapat mempengaruhi pertumbuhan.

5. Polinasi
Polinasi merupakan proses penyerbukan dengan bantuan manusia maupun hewan. Pada umumnya tanaman srikaya mengalami pembungaan yang jumlahnya sangat banyak sehingga penyerbukan secara alami tidak dapat mempercepat penyerbukan secara menyeluruh sehingga membutuhkan bantuan penyerbukan dari hewan maupun manusia.

6. Pemanenan 
Pemanenan buah srikaya dapat dilakukan membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 tahun setelah 110 – 120 hari tanaman srikaya berbunga. Setelah anda mengetahui cara budidaya srikaya. seanjutnya yang perlu juga anda ketahui adalah manfaat srikaya. Manfaat srikaya umum yang banyak diketahui oleh banyak orang adalah untuk menjaga kesehatan kulit karena srikaya memiliki vitamin A dan C. Kesehatan kulit

Demikian informasi terkait cara budidaya srikaya yang mudah. Apabila Anda tertarik untuk mengembangkan maupun berwirausaha buah srikaya yang banyak manfaatnya bagi kesehtan dapat menrapkan tips d atas. Setiap langkah dari cara budidaya di atas sebikanya Anda lakukan secara benar. Tanaman srikaya yang berbuah dengan lebat dan biak jika Anda dapat menerapkan berbagai tips di atas. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda semua yang ingin membudidayakan buah srikaya untuk meningkatkan perekonomian Anda.Selamat mencoba dan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar